Tidak Selamanya Pengadilan itu Tempat yang Menyeramkan

oleh: Adrio Kusmareza Adim (210110080058)

Pengadilan tidak selalu menjadi tempat yang menyeramkan walaupun kebanyakan orang berfikir dua kali untuk menginjakan kaki disana. Berangkat karena rasa penasaran, saya malah menemukan banyak hal yang merubah pandangan saya terhadap pengadilan.

Saya tiba di Pengadilan Negeri Bandung sekitar pukul 2 siang. Tanpa membuang waktu, saya langsung mengamati keadaan sekitar. Ada 6 ruang siding disana dan semua ruang sedang mengadakan sidang. Kasus disana berangam mulai dari kasih praktek dokter tanpa izin sampai kasus narkoba. Kebetulan pada hari itu tidak ada yang menyidangkan masalah pembunuhan.

Tertarik dengan sidang yang berlangsung di Ruang VI Arjuna. Disana sedang berlangsung sidang kasus narkoba. Darwin sang terdakwa mendapat ancaman kurungan 1 tahun. Dialog antara Darwin dan Hakim cukup mengundang tawa karena Darwin melamun saat Hakim menanyakan apakah Darwin ingin mengajukan banding. Darwin menjelaskan bahwa dia masih memiliki tanggungan seorang istri dan 5 orang anak tapi hakim melemparkan goyonan seperti, bukannya istri saudara ada dua? Apa kamu mau tobat? Dan seterusnya.

Sayang sekali sidang harus berakhir karena ditunda seminggu lagi untuk masalah banding tersebut. Darwin dikawal keluar dari ruang sidang dan ditemani keluarga menuju sel.

Sempat saya berbicara dengan seorang jaksa yang kebetulan sedang tidak mendapat giliran sidang. Jaksa tersebut melihat ID Pers yang saya kenakan dan memberikan saya kesempatan untuk mewawancarai mereka yang sedang menanti sidang di sel.

Yanto, orang yang berperawakan kecil tapi memiliki sorotan mata yang tajam membuat saya sempat takut dan canggung untuk bertanya. Terlibat kasus narkoba gara-gara menjadi kurir seorang bandar dari Aceh, Yanto harus menerima setidaknya kurungan minimal 10 tahun. Perkembangan selama 2 kali sidang membuat Yanto hanya pasrah saja untuk menerima hasil yang nanti akan diputuskan. “Saya cuman ingin bebas dan bertobat” ujar Yanto sambil tertawa kecil.

11 Response to "Tidak Selamanya Pengadilan itu Tempat yang Menyeramkan"

  1. wah pengalaman kita sama nih gan,,pertama kalinya melihat persidangan..ga kaya di tv ya gan??beda banget!!!

    sangat jauh berbeda. Apakah yang di-TV itu diset sedemikian rupa agar terlihat keren?

    Haha, Semua orang juga ingin tobat kalau masuk bui.

    namanya juga manusia. Haha.
    setelah mendapat yang nikmat dan dosa berusaha untuk lurus.

    Unknown says:

    wah, ke pengadilan ga ngajak2 nih,
    gw kan mesti nonton sidang yo, haha...
    tapi emang pengadilan ga serem kok,
    keep posting gan...

    Haha. Tugas dadakan namanya juga.
    Membosankan sih disana cuman melihat orang bertatapan kosong menunggu keputusan.

    Kalau sempat diajak deh. Hihi.

    mau dong liat persidangan..

    Maen-maen dong ke pengadilan negeri Bandung.
    Menyenangkan juga disana.
    Haha.

    Vannia says:

    Sekali-kalinya ke PN Bandung dan..
    gak menyeramkan sih. Cuma mencekam, hahaha.

    wah...pengalaman yang sama

    @Vannia
    Tidak mencekam. Hanya sedikit tidak nyaman. Haha.

    @Yoga
    Aneh emang. Berbeda dengan yang ada di TV-TV.

Posting Komentar

Powered by Blogger