Rolltop Si Laptop Gulung

oleh Aditya Shorea Pratama (210110080120)

Dahulu orang ingin sekali memiliki komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Akhirnya ada sebuah penemuan yang dinamakan komputer jinjing atau laptop. Benda ini bisa dilipat dan dapat dibawa kemana-mana. Namun, laptop ini masih dibilang terlalu makan tempat, kotak dan hanya bisa dilipat.
Nah, dunia nanti akan dikejutkan dengan sebuah benda yang dinamakan rolltop atau laptop gulung. Namun, sayangnya benda ini baru konsep. Konsep ini dikembangkan oleh Orkin Design bekerjasama dengan Sony. Bagaimana cara menggulung laptop? Mungkin pertanyaan ini yang selalu ditanyakan oleh banyak orang. Dengan sebuah teknologi yang bernama OLED (Organic Light Emitting Diode), pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan mudah. Ya, rolltop ini terbuat dari bahan OLED, tenknologi terbaru dari LED design yang lebih fleksibel dan mempunyai ketahanan yang tinggi. Nah, kalau mau lebih jelas, mungkin kita bisa lihat video berikut ini.





Kelebihan dari Rolltop

Seperti yang dilihat dari video tadi, rolltop dilengkapi dengan layar sentuh. Jadi, rolltop tidak hanya dibuat mengetik atau kegiatan yang laptop biasa lakukan, tetapi juga dapat berubah bentuk menjadi tablet grafik dan dapat pula dijadikan monitor yang semua kegiatannya menggunakan layar sentuh ini. Rolltop juga memiliki ukuran yang berbeda. Ketika digunakan sebagai laptop, layarnya berukuran 13 inci dan ketika menjadi tablet grafik dan monitor, layar berukuran 17 inci. Kelebihan yang utama adalah rolltop mudah dibawa tanpa harus menggunakan tas atau softcase, hanya dengan menggunakan tali saja, rolltop sudah dapat menemani kita untuk membantu segala kegiatan kita.

Kekurangan dari Rolltop

Sebenarnya kekurangan dari rolltop tidak terlalu banyak. Video tadi sebenarnya juga sudah menjelaskan apa kekurangan dari rolltop. Tidak ada baterai. Ya, masalahnya hanya tidak ada baterai. Jadi, kalau ingin menggunakan rolltop ini, kita harus mencari tempat yang ada stekernya. Mungkin baterai khusus untuk rolltop ini akan ditemukan di kemudian hari.


Berdasarkan 3 Perubahan Komunikasi dengan Adanya Teknologi Komunikasi


1. Interactivity
Interactivity adalah kemampuan sistem komunikasi baru (biasanya menggunakan komputer sebagai komponennya) yang mana penggguna biasanya terdiri dari individu, terlibat dalam sebuah percakapan. Untuk perubahan ini, rolltop tidak terlalu berubah banyak. Karena masih berbentuk konsep, belum ada informasi mengenai fitur yang ada didalam rolltop. Namun, kemungkinan masih ada fitur internet didalamnya dimana penggunanya dapat berinteraksi dengan orang lain darimana pun melalui internet.

2. Dismassified
Dismassified sendiri berarti sebuah perubahan dari penggunaan secara massal teknologi komunikasi menjadi penggunaan secara individual. Dismassified juga berarti era dimana semakin aktifnya pengguna dalam penggunaan media massa. Masih seputar internet. Pengguna rolltop nantinya masih akan dimanjakan oleh kehebatan internet. Contohnya situs www.e-bay.com dimana masing-masing individu dapat membeli apa saja tanpa harus bertemu dengan penjual, yang biasanya jika kita ingin membeli sesuatu harus di toko atau di pasar. Atau kita masih bisa menonton film yang kita suka tanpa harus ke bioskop. Hanya dengan mendownload film tersebut, kita dapat menonton film.

3. Asynchronous
Asynchronous adalah proses komunikasi massa yang memiliki unsur keserempakan tidak lagi berlaku di era interaktif, dimana para penggunanya dapat melakukan secara individual. Jika semua orang nanti memiliki rolltop, tidak semua penggunanya melakukan hal yang sama di waktu yang sama. Mungkin ada yang sedang mengerjakan tugas membuat desain, ada yang sedang mengakses internet, dan lain-lain.

Dampak Positif
Ada beberapa dampak positif dengan adanya rolltop ini, diantaranya:
- Mengerjakan hal-hal yang berbau grafis menjadi lebih mudah.
- Efisiensi Waktu.
- Dalam satu benda, kita dapat melakukan berbagai hal.

Dampak Negatif

Ada dampak postif, ada juga dampak negatifnya. Beberapa diantaranya:
- Semakin malas berinteraksi secara langsung dengan orang lain.
- Hidup semakin bergantung kepada teknologi.


sumber:
http://gdgtgw.com/baca/2009/10/06/d-roll-laptop-alias-notebook-gulung.html
http://extradll.pcboxsearch.com/content/laptop-masadepan-bisa-di-gulung
http://nchepcoster.wordpress.com/2010/01/23/rolltoplaptop-gulung/
http://www.popsci.com/gadgets/article/2009-10/roll-laptops-future

7 Response to "Rolltop Si Laptop Gulung"

  1. Anonim says:

    wah asik kalo udah ada..

    ga ribet lagi bawa2 laptop gede, tinggal digulung jadi deh... XD

    mulai dari PC, laptop, notebook, sekarang ada yang lebih ngga ribet lagii yaitu Rolltop. jadi makin praktis aja kalo mau ngakses kemana mana

    tapii susah juga ya kalo lagi mati listrik, jadi useless deh rolltop nya.
    semoga aja nanti ada baterai khusus rolltop, jadi penggunanya bisa pake dimana aja.

    nice info, thanks

    wah keren nih..kok modelnya kaya tiker ya,bisa digulung-gulung..
    zaman semakin maju, teknologi pun semakin maju,,itu kabelnya kegulung-gulung juga di dalamnya ya??

    wah...konsepnya bagus tuh. ga ribet buat dibawa-bawa. tapi sayang banget ga ada baterainya. penggunaannya jadi terbatas, cuma di tempat-tempat yang ada stekernya aja. nice posting.

    marienaaa says:

    konsep yg oke yaa tapi smakin canggih teknolongi ga bagus juga, bikin "autis" kalo temen-temen bilang tuh hehe.. laptop yg biasa-biasa aja dengan ukuran minimalis juga uda oke kok

    maaaaaauuuu..

    Anonim says:

    Ya paling

Posting Komentar

Powered by Blogger